Cedera Umum Yang Dialami Pelari

cedera umum yang dialami pelari

Kamu pelari? pernah cedera? aku pernah lagi hehe.. jadi pelari itu harus siap menghadapi kondisi apapun saat berlatih maupun mengikuti lomba lari, termasuk mengalami cedera.

Jika pelari tidak memperhatikan sinyal tubuh, over training, tidak melatih otot dan kurang latihan strength maka pelari akan rentan mengalami cedera.


Holla..

Saya percaya, semua membutuhkan proses, jika kita menjalani proses dengan baik maka hasilnya juga akan baik. Begitu juga dalam berlari, jika ingin berlari cepat, kencang dan jauh maka butuh proses waktu yang tidak sebentar.
 
Bagi pelari yang ingin berlari jauh, kencang dan cepat tanpa melatih otot terlebih dahulu, maka dikhawatirkan akan mengalami cedera umum yang sering dialami pelari. 
 
Sebagai pelari yang baru dua tahun menjalani kegemaran berlari, saya pernah mengalami cedera yaitu ITBS (Iliotibial Band Syndrome). Apa rasanya cedera ITBS? rasanya tentu tidak nyaman dan sedih, apalagi cedera terjadi saat dalam program latihan untuk mengikuti lomba lari jarak Half Maraton (HM) perdana.
 
Kenapa bisa mengalami cedera? atas hasil konsultasi di KAMYPhysio, cedera ITBS yang saya alami karena saya tidak mempersiapkan otot saya sebelumnya, jadi otot saya belum siap menjalankan program latihan lari untuk jarak yang jauh.
 
Sebagai pelari, penting mengetahui apa saja cedera umum yang dialami pelari, sebagai panduan pelari untuk mengurangi terjadinya cedera.
 

Baca juga : Manfaat Olahraga Lari Saat Hamil

 

Cedera Umum Yang Dialami Pelari

Runner’s Knee

Cedera dibagian depan lutut yang biasanya terjadi karena kurang Latihan strength.

Cedera Umum Yang Dialami Pelari


Achilles Tendonitis

Letaknya berada ditengah tengan bagian atas tumit dan bawah betis karena kurang Latihan strength dan kurang stretching

Cedera Umum Yang Dialami Pelari


ITBS (Iliotibial Band Syndrome)

Letaknya berada disamping luar lutut, biasanya terjadi pada pelari yang bagian pinggulnya lemah atau corenya jarang dilatih

Cedera Umum Yang Dialami Pelari


Shin Splint

Letaknya dibagian tulang kering, biasanya dirasakan pelari pemula yang terburu uru ingin lebih jauh,kencang dan cepat.

Cedera Umum Yang Dialami Pelari


Plantar Fasciitis

Letak sakitnya pada bagian telapak kaki

 

Cedera Umum Yang Dialami Pelari

Lakukan Ini Saat Cedera

Cedera dalam olahraga lari tidak boleh diabaikan, pelari harus melakukan hal ini agar cedera bisa teratasi sehingga bisa melanjutkan berlari. Berdasarkan beberapa jurnal kesehatan yang saya baca, jika pelari mengalami cedera, maka pelari dapat lakukan RICE Treatment Method, yaitu :

Rest

Ketika merasakan ketidaknyamanan saat berlari, segera hentikan olahraga lari sehingga tidak membebani anggota tubuh yang cedera. Istirahat yang cukup, tidak melakukan olahraga lari terlebih dahulu agar proses pemulihan cedera lebih cepat.

Ice

Lalukan kompres bagian tubuh yang cedera menggunakan es selama 15-20 menit setiap 2-3 jam. Disarankan untuk membungkus es dengan handuk tipis agar es tidak bersentuhan langsung dengan kulit karena dapat menyebabkan radang dingin.

Compression

Berikan tekanan pada bagian yang cedera dengan menggunakan perban elastis untuk membantu mengurangi pembengkakan. Longgarkan perban bila area yang cedera mengalami mati rasa, kesemutan, tampak pucat dan kebiruan, atau rasa nyeri meningkat.

Elevation

Posisikan area yang cedera lebih tinggi dari posisi jantung 


Lakukan rest, ice, compression dan elevation untuk memulihkan dan jika sakitnya berlarut terlalu lama bisa langsung menghubungi dokter ya.
 

Baca juga : Pentingnya Pemanasan Sebelum Lari

--

Semoga dengan mengetahui apa saja cedera umum yang dialami pelari, kita sebagai pelari tidak boleh abai akan kemungkinan cedera, jika mengalami cedera maka pulihkan cedera terlebih dahulu, jika cedera sudah teratasi maka kamu bisa lanjutkan kegemaran olahraga lari.

 

Salam hangat,

Elly nurul

Tidak ada komentar